Selasa, 16 Juli 2013

Beras Merah Organik Berdasa Fresh

Beras merupakan bahan utama yang dikonsumsi setelah diolah menjadi nasi. Dan hampir 90% masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat untuk bisa beraktivitas. Nasi dikonsumsi pun hampir 90% adalah nasi putih yang tentunya diperoleh dari beras putih. Dan yang lebih memprihatinkan lagi nasi putih yang diperoleh dari beras putih adalah merupakan hasil olah para petani kita yang secara umum masih konvensional dengan penggunaan pupuk kimia yang sebenarnya sudah melewati ambang batas kritis dari residu sisa bahan kimia.
Padahal disamping beras putih sebenarnya masih ada beras merah yang sangat bermanfaat untuk dikonsumsi. Dan jika perhatikan dari sisi analisa ternyata kandungan gizi beras merah justru jauh lebih tinggi dibanding beras putih. Dan penanaman padi yang menghasilkan beras merah juga hingga saat ini mayoritas masih dilakukan secara alami tanpa penggunaan input bahan kimia.
Satu hal yang menjadi perbedaan antara beras putih dan beras merah adalah, beras putih adalah beras yang telah digiling sehingga kulit arinya telah hilang, sementara beras merah merupakan beras tumbuk sehingga kulit arinya tidak banyak hilang. Dimana kulit ari dari beras tersebut  justru sebenarnya memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi karena kaya akan serat dan minyak alami.
Dari hasil analisa yang dilakukan oleh para ahli dalam satu mangkuk beras berah mengandung sekitar 3,5 gram serat sementara beras putih kurang dari 1 gram. Sementara dari kandungan vitamin beras merah memiliki kandungan 2-3 kali dari beras putih.
Manfaat Beras Merah secara umum :
  1. Beras merah memiliki kandungan vitamin B yang tinggi yang bermanfaat mencegah penyakit beri-beri, sakit pinggang, reumatik, ataupun kesemutan. 
  2. Beras merah mampu meningkatkan stamina, memperkuat tubuh, dan mengatasi cepat lelah. 
  3. Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan, sembelit, perut kembung, serta menurunkan kadar kolesterol darah.
  4. Beras merah dapat mencegah maupun mengatasi berbagai penyakit degeneratif seperti Diabetes militus, hipertensi, asma, lever, dll.
  5. Beras merah dapat membuat kulit lebih halus serta mengatasi alergi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda

 
x -->