Rabu, 09 Maret 2011

Pemupukan pada Tanaman Karet

Tanaman karet membutuhkan nutrisi yang lengkap dan seimbang agar mampu memproduksi getah yang optimal sepanjang tahun. Untuk itu disamping kebutuhan unsure makro yang banyak diperoleh dari penggunaan pupuk anorganik sebaiknya diberikan juga pupuk yang berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah dan juga pupuk organic yang bereaksi dalam penambahan unsur-unsur mikro. Dengan demikian penambahan pupuk berikut ini sangat dibutuhkan.

Organic Soil Treatment Green Botane sangat berperanan sekali didalam memperbaiki kondisi struktur tanah dan juga meningkatkan pertumbuhan mikroorganisme didalam tanah.

Pemberian OST Green Botane sebaiknya dilakukan sebanyak 4 kali dalam setahun. Dengan dosis pemberiannya adalah 250 gram per pohon per aplikasi

Dosis pemakaian DI GROW pada pohon Karet usia bibit (masih di polybag) :
Gunakan Pupuk organic plus DI GROW GREEN 2 ml / liter air. Interval pemakaian disemprot 1 minggu sekali.

Dosis pemakaian Pohon Karet usia muda / sudah pindah ke lahan :
• Pada usia 1 - 3 tahun, gunakan Pupuk organic plus DI GROW GREEN dengan dosis 50 cc/15 liter air. Interval pemakaian 1 bulan sekali.
• Pada umur 4 - 6 tahun, gunakan Pupuk organic plus DI GROW GREEN dengan dosis 75 cc/15 liter air. Interval penyemprotan 1 bulan sekali.
Pupuk organic plus DI GROW ini merupakan pupuk dengan komposisi seimbang untuk memperkuat akar, mempercepat pembesaran diameter batang pohon dan menyuburkan daun serta meningkatkan fotosintesis. Sehingga bisa meningkatkan daya tahan terserang penyakit (biasanya diameter 15-20 cm baru disadap, walaupun ada juga yang diameter 12 cm sudah disadap)

Dosis pemakaian Pohon Karet usia dewasa / sadap (bisa dipilih):
• Untuk kondisi tanaman yang sehat bisa dilakukan penyemprotan pupuk organic plus DI GROW dengan dosis 100 cc/15 liter air dengan interval penyemprotan 1 bulan sekali

•Untuk kondisi tanaman yang bermasalah antara lain terjadinya kering alur sadap dan produksi getah yang tidak maksimal bisa dilakukan penyemprotan Pupuk organic plus DI GROW dengan dosis 150 cc/15 liter air dengan interval penyemprotan 2 minggu sekali sampai kondisi produksi getah normal kembali.

Lokasi penggunaan Pemupukan dengan standar Berdasa Fresh ini dilakukan di Perusda Pemkab Jembrana, Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda

 
x -->