Kamis, 21 Januari 2010

PERTANIAN MASA DEPAN

Banyak orang yang merasa pesimis kalau pertanian di Indonesia tidak akan bisa melakukan perobahan yang akan mampu untuk mensejajarkan dengan pertanian-pertanian di negara maju. Hal ini disebabkan oleh kondisi pertanian di Indonesia yang secara umum masih terpuruk. Hal ini bisa dilihat dari kondisi kehidupan para petaninya yang masih bisa dikatakan dalam golongan masyarakat sangat sederhana atau lebih umum dikenal dengan istilah masyarakat miskin. Fenomena ini terjadi karena memang para petani kita belum mampu untuk memprediksi secara detail sejauhmana usaha tani yang dia lakoni mampu untuk meningkatkan taraf hidupnya. Acapkali biaya yang dia pergunakan untuk kegiatan usaha taninya ternyata tidak sebanding dengan hasil yang dia peroleh, bahkan terkadang merugi. Dengan semakin tingginya sarana pertanian seperti benih, pupuk, insektisida sementara disaat waktu panen telah tiba harga hasil panen di pasaran malah merosot turun. Dengan segala keterpaksaan mau tidak mau para petani terpaksa harus menjual hasil taninya sekalipun dengan harga rendah tersebut karena jika ditahan maka justru kondisi yang lebih parah lagi akan terjadi yaitu busuknya hasil panen tersebut.
Apa sebenarnya yang melatarbelakangi hingga kondisi pertanian kita hingga saat ini bisa dikatakan masih dalam kondisi yang terpuruk hingga saat ini..? Kenapa bidang usaha pertanian belum bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif usaha sehingga para kaum muda cenderung berangkat ke perkotaan untuk mencari pekerjaan sekalipun hanya sebagai kuli bangunan ataupun kondektur bis maupun buruh pabrik.
Kalau kita coba melihat sepintas kondisi pertanian di negara-negara lain sebagai contoh negara Israel jika ditinjau dari kondisi struktur tanahnya itu sebenarnya sangat berat sekali bisa dijadikan sebagai areal pertanian yang akan mampu menghasilkan produk pertanian dengan kualitas yang baik atau negara Jepang yang bisa dikatakan lahan pertaniannya sangat minim maupun negara Belanda yang justru tanahnya secara umum berada dibawah permukaan laut. Tetapi kenapa mereka mampu untuk menghasilkan produk pertanian yang bisa mereka ekspor ke berbagai negara. Sementara tanah pertanian kita di Indonesia ini bisa dikatakan hampir tidak ada kendala lagi untuk menghasilkan produk pertanian yang berkualitas tinggi. Tekstur tanah kita secara umum sangat baik, tingkat kesuburannya dulu juga sangat baik sekali belum lagi didukung dengan faktor musim yang hanya mengalami dua musim saja yakni musim hujan dan musim kering.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda

 
x -->